mading sman 1 pakel

mading online sman 1 pakel bersama kita majukan pendidikan indonesia

Terima Kasih Atas Kunjungannya Semoga Semua Ini Bermanfaat Bagi Kita Semua. Jika ingin request artikel hubungi admin madista siap membantu 24 jam. kami membantu dengan sepenuh hati

Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa vitamin berkhasiat untuk menghilangkan rasa letih atau capek, serta berkhasiat pula untuk menggemukkan dan menyehatkan badan. Apakah memang benar demikian ?.

Pertama-tama kita harus mengenal dulu apa itu vitamin, bagaimana khasiatnya, apa saja macamnya, dan lain-lain.

Vitamin sebetulnya adalah zat-zat organik yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang sangat kecil. Zat-zat tersebut sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh. Zat-zat ini tidak dapat dibuat oleh tubuh, jadi harus ada di dalam makanan yang kita makan. Ada juga vitamin yang dibuat di dalam tubuh bukan oleh tubuh misalnya vitamin B dan K.

Tubuh yang normal dapat menyimpan persediaan vitamin yang cukup untuk waktu 4 –12 bulan. Jadi apabila seseorang tidak memakan vitamin untuk jangka waktu tersebut, tidak akan ada efek apa-apa terhadap kesehatannya. Dan apabila kita sudah cukup mengkonsumsi makanan bergizi (4 sehat 5 sempurna), maka tidaklah tepat apabila kita memakan lagi obat-obat yang mengandung vitamin. Kecuali apabila tubuh kita dalam keadaan tertentu seperti terserang penyakit usus (diare), pada waktu hamil, pada masa pertumbuhan anak-anak dan pada saat terserang penyakit infeksi lainnya. Karena pada saat-saat itu persediaan vitamin dalam tubuh kita berkurang.

Vitamin dibagi dalam dua golongan besar, vitamin yang larut dalam air ( Vit B1, B2, B6, nicotinamide, B12, dan Vit C ) dan vitamin yang larut dalam minyak ( Vit A, D, E dan K ). Apabila kita terlalu banyak mengkonsumsi vitamin, maka vitamin yang larut dalam air akan terbuang percuma melalui air kencing (urine), sedangkan vitamin yang tidak larut dalam air akan terus terkumpul di tubuh yang lama kelamaan akan menimbulkan efek yang kurang baik pada tubuh. Misalnya pemakaian vitamin A yang berlebihan dapat mengakibatkan perubahan pada tulang-tulang, bengkak-bengkak di bawah kulit dan gatal-gatal. Penggunaan vitamin D yang berlebihan dapat menyebabkan mobilisasi kalsium dan fosfat dari kerangka, dan pengendapan kalsium dari jaringan lemak sebagai pembuluh-pembuluh darah dan jantung.

Oleh karena itu dianjurkan janganlah makan vitamin sembarangan bila tak perlu. Apabila makanan sudah cukup mengandung bermacam vitamin yang dibutuhkan tubuh, maka tak perlu lagi membuang-buang uang untuk membeli pil atau tablet vitamin.

Adapun Definisinya sebagai berikut.

Vitamin A
Pria yang hanya sedikit memproduksi sperma,seperti ditulis dalam buku Sexual fitness,dapat meningkatkan jumlah spermanya bila mengkonsumsi vitamin A dan E yang memadai.
Vitamin A,C,dan E,merupakan antioksidan yang dapat melindungi sperma dari epek buruk radikal bebas.
Vitamin A dibutuhkan untuk membentuk hormon seks yang berkait dengan produksi sperma.
Tapi food supplement yang mengandung vitamin A,D,E,dan K bila diminum secara berlebihan dalam jangka panjang akan tertimbun dalam lemak.
Kelebihan vitamin A dapat menyebabkan sakit kepala dan gangguan pada sendi.
Bahkan pada tingat yang sangat berat,kelebihan vitamin A dapat menyebabkan gangguan jiwa.

Vitamin B
Vitamin B sangat penting untuk aktivitas enzim dan metabolisme.
Vitamin ini berperan dalam produksi testosteron, hormon seks yang membangkitkan libido.
Vitamin B6 terdapat di wortel,pisang,telur,madu, kedelai,dan gandum.
Vitamin B kompleks adalah vitamin yang larut dalam air sehingga epek negatifnya lebih kecil,tapi kelebihan vitamin B dapat menyebabkan mual bila diminum dengan dosis berlebihan.
Jangan minum vitamin B6 lebih dari 200mg per hari.
Dosis di atas 2.000 mg sehari dapat mengakibatkan kerusakan otak.

Vitamin C
Vitamin C adalah antioksidan yang sangat hebat
Vitamin ini adalah dalam jeruk,stroberi,bayam,dan sayur-sayuran hijau lainnnya,tomat,serta brokoli.
Kelebihan vitamin C akan dibuang melalui air seni.
Meski demikian,berlebihan mengkonsumsi vitamin C membuat kontraksi usus lebih terangsang dan menyebabkan diare.


Vitamin D
Jangan makan vitamin D secera berlebihan kerana dapat merusak ginjal dan hati.
Di Indonesia sebenarnya seseorang tidak perlu menembah konsumsi vitamin D kerana di Indonesia cukup banyak sinar matahari.
Kulit dapat memproduksi vitamin D bila terkena Sinar ultra violet dari matahari


Vitamin E
Vitamin E sering disebut sebagai vitamin seks’kerana berperan dalam pembentukan hormon seks.
Pria yang kekurangan vitamin E dapat kekurangn gairah seksual.
Kelebihan vitamin E dapat meningkatkan tekenan darah.
Menurut food and Drug Administtration (FDA) Amerika, orang cukup mengkonsumsi vitamin E dengan dosis 30 IU sehari.

Artikel yang berkaitan :
Laki-laki Tak Bersunat Berisiko Kanker Penis
Cara Jitu Mengatasi Jerawat
Khasiat Dan Manfaat Buah-buahan Bagi tubuh Manusia


sumber: http://www.ppimk.or.id/ dan http://nurdan878.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Health (Fitness) - TOP.ORG Msn bot last visit powered by Scriptme Google bot last visit powered by Scriptme Yahoo bot last visit powered by Scriptme